Pencinta alam atau pecinta alam adalah istilah yang dipergunakan untuk kelompok-kelompok yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan konservasi alam. Di Indonesia istilah ini merujuk pada kelompok yang bergerak di bidang petualangan alam bebas.

Istilah Pecinta Alam pertama kali diperkenalkan oleh Mapala UI pada tahun 1975. Setelah itu perkembangan kelompok-kelompok pecinta alam berkembang sangat pesat.

 

Kode etik pecinta alam Indonesia dicetuskan dalam kegiatan Gladian Nasional Pecinta Alam IV yang dilaksanakan di Pulau Kahyangan dan Tana Toraja pada bulan Januari 1974. Gladian yang diselenggarakan oleh Badan Kerja sama Club Antarmaja pencinta Alam se-Ujung Pandang ini diikuti oleh 44 perhimpunan pecinta alam se Indonesia.

Kode etik pecinta alam Indonesia ini, sampai saat ini masih dipergunakan oleh berbagai perkumpulan pecinta alam di seluruh Indonesia.

Bunyi dari kode etik pecinta alam Indonesia adalah sebagai berikut:

Pecinta Alam Indonesia sadar bahwa alam beserta isinya adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
Pecinta Alam Indonesia adalah bagian dari masyarakat Indonesia sadar akan tanggung jawab kepada Tuhan, bangsa, dan tanah air
Pecinta Alam Indonesia sadar bahwa pecinta alam adalah sebagian dari makhluk yang mencintai alam sebagai anugerah yang Mahakuasa
Sesuai dengan hakekat di atas, kami dengan kesadaran menyatakan :
1. Mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Memelihara alam beserta isinya serta menggunakan sumber alam sesuai dengan kebutuhannya
3. Mengabdi kepada bangsa dan tanah air
4. Menghormati tata kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitar serta menghargai manusia dan kerabatnya
5. Berusaha mempererat tali persaudaraan antara pecinta alam sesuai dengan azas pecinta alam
6. Berusaha saling membantu serta menghargai dalam pelaksanaan pengabdian terhadap Tuhan, bangsa dan tanah air
7. Selesai
Disyahkan bersama dalam Gladian Nasional ke-4
Ujung Pandang, 1974


Informasi mengenai ekstrakurikuler pecinta alam lebih dalam lagi silahkan akses ig kami di bawah ini
esemkasa_pala

LINK GRUP WHATSAPP : https://chat.whatsapp.com/E8UG6FtHspd8dgLZXAJrDM


File Dalam Peninjauan

Sesuai dengan komitmen Jagoan Hosting Indonesia sebagai hosting terbaik dalam hal pelayanan dan keamanan, serta komitmen penuh Jagoan Hosting Indonesia untuk mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku, maka Jagoan Hosting Indonesia harus melakukan peninjauan terhadap dokumen ini karena terindikasi melakukan pelanggaran terhadap Aturan Layanan (Terms Of Service) Jagoan Hosting Indonesia.
Silahkan hubungi support Jagoan Hosting Indonesia melalui website utama

Berikut ini adalah bagian relevan dari Terms of Service yang berkaitan dengan situasi ini:
"Setiap konten yang ada pada server Jagoan Hosting Indonesia tidak boleh melanggar peraturan dan perundangan yang berlaku. Jagoan Hosting Indonesia menyediakan layanan sewa layanan dan tidak bertanggung jawab atas setiap konten yang terdapat didalamnya, oleh karena itu terlepas dari segala bentuk tuntutan hukum yang berlaku atas konten pribadi JagFamily jika terbukti terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun."