Manfaatkan Barang Bernilai Ekonomis
Oleh : Esemkasa on 01 Nov 2016 at 07:23:27 PM

Memperingati Sumpah Pemuda, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Banyuwangi dimeriahkan sehari dengan barang-barang bekas. Barang-barang bekas itu disulap menjadi berbagai barang yang memiliki nilai ekonomi. Sebagai sekolah yang mencetak tenaga trampil dan profesional, SMKN 1 Banyuwangi langsung mengaplikasikan hal tersebut dalam sebuah kegiatan. Sabtu (29/10) kemarin diselenggarakan kegiatan Esemka Recycle Fashio  Show dan pameran Recycle.

 

Masing-masing perwakilan kelas wajib menampilkan kreasi dalam membuat kostum yang selanjutnya di pamerkan melalui catwalk di halaman sekolah. Dalam fashion kali ini ditekankan bahwa yang digunakan minimal 80 persen barang bekas atau tidak terpakai. "Tidak boleh barang baru" ujar Sri Hidayati, kepala SMKN 1 Banyuwangi.

 

Karena itu jika bahan bakunya dari plastik atau tas kresek harus yang bekas lalu dipilah dan dibersihkan, baru di desain. Tema kostumnya juga tidak ditentukan, yang menjadi nilai plus adalah tidak sekedar desain tetapi juga bisa di aplikasikan di keseharian. "Seperti baju pesta yang sebisa mungkin bisa dipakai pada sebuah pesta, tidak hanya fashion kali ini saja", kata kertamun , Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

 

Untuk Pameran recycle, masing-masing perwakilan memanfaatkan barang bekas menjadi sebuah barang yang berguna kembali dan bernilai ekonomi, Contohnya koran bekas disulap menjadi kotak tisu atau pot bunga yang cantik.

 

Sri Hidayati menuturkan, kegiatan ini menuntut semua siswa di masing-masing program pendidikan (prodi) untuk berkreasi dan memanfaatkan barang bekas yang ada. Perhotelan dan Pariwisata bisa memanfaatkan sampah plastik, atau kertas menjadi yang berguna..

 

Kegiatan ini bisa dilaksanakan karena keterlibatan tiga komponen yang ada. Yaitu siswa yang hebat, guru yang hebat, dan wali murid yang hebat.

 

(Dikutip dari RADAR BANYUWANGI)

TINGGALKAN KOMENTAR
KOMENTAR
0